Tips dan Trik

Yakin, Posisi Tidur Bayi Anda Sudah Baik? Coba Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Seperti yang diketahui secara umum bahwa waktu bayi itu sebagian besar dihabiskan dengan tidur, baik itu siang ataupun malam hari. Hal itu sangat terlihat sangat wajar sekali ketika bayi masih berusia newborn sampai dengan 3 bulanan. Umumnya bayi tidur dalam sehari itu bisa dari 16 sampai dengan 20 jam, dengan jam yang begitu lama apakah Anda sudah yakin posisi tidur bayi tepat? Ya, tidak banyak orang tua yang menyadari jika posisi tersebut dapat mempengaruhi perkembangannya.

 Yakin, Posisi Tidur Bayi Anda Sudah Baik? Coba Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Banyak sekali kemungkinan munculnya dampak kesehatan buruk dari posisi tidur anak yang kurang tepat. Bahkan parahnya banyak kasus bayi yang meninggal secara mendadak akibat posisi ketika tidur yang tidak diperhatikan baik oleh orang tuanya. Nah, dengan mengetahui posisi tidur yang tepat seperti apa bagi orang tua tentunya akan mengurangi resiko atau sindrom tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa posisi yang sering sekali digunakan oleh bayi ketika tidur yaitu:

  • Posisi telentang.

Ini merupakan posisi yang sangat umum sekali untuk bayi, bahkan usia baru lahir sampai dengan 3 bulan pertama. Banyak peneliti mengatakan jika telentang merupakan posisi terbaik untuk tidur si kecil, bahkan direkomendasikan sekali menjaga posisi tersebut sampai dengan anak usia 6 bulanan.

  • Posisi miring.

Beberapa ibu sering kali membiarkan anaknya tidur dalam posisi tersebut, padahal ini merupakan salah satu posisi yang dapat membahayakan kesehatan anak. Karena umumnya setelah posisi tersebut akan memungkinkan posisi tidur bayi menjadi tengkurap yang menjadikan perut bayi berada pada bawah tubuh. Hal ini akan meningkatkan resiko kematian yang terjadi secara mendadak.

  • Posisi tengkurap.

Ini merupakan posisi yang masih menjadi perdebatan karena banyak sekali kasus bayi yang meninggal secara mendadak akibat posisi ini. Wajar saja karena posisi ini akan mengakibatkan wajah anak Anda tertutup dan pernafasan terganggu akhirnya kematian menjadi akhirnya.

Selain dari posisi istirahat anak setiap harinya, Anda sebagai orang tau juga harus paham beberapa hal lainnya yang perlu untuk diperhatikan pada anak. Misalnya saja seperti pengaturan suhu pada ruangan yang nyaman, ventilasi yang baik, kebersihan yang baik, perlengkapan yang aman, bersih dan membuat bayi tenang dan beberapa hal lainnya. Meskipun terlihat sepele itu merupakan salah satu hal yang sangat riskan sekali menimbulkan masalah, makanya perlu untuk diperhatikan.

Pertumbuhan anak itu dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yang ada di lingkungannya, salah satunya kebiasaan dari kecil oleh orang tua. Hal ini pasti akan membuat tumbuh kembang anak bermasalah, makanya penting meningkatkan pengetahuan orang tua ketika sudah mempunyai anak. Bukan hanya mengenal posisi tidur bayi yang terbaik seperti apa tetapi juga beberapa hal lainnya. Sekarang, sudahkah anak Anda tidur dengan posisi yang tepat?

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *